Pengertian Power Supply dan Jenisnya

Power supply merupakan sebuah catu daya yang memasok listrik ke sebuah rangkaian elektronika. power supply juga sering disebut sebagai inverter, yang mana cara kerjanya mengkonversi  jenis aliran listrik AC menjadi DC.

Power Supply atau sebuah komponen catu daya yang mensuplai tenaga listrik. Istilah ini biasanya berhubungan dengan pernagkat yang terintegrasi dalam sebuah komponen yang didukung, misalnya  sebuah power supply komputer yang bekerja sebagai pensuplay kebutuhan listrik DC terhadap rangkaian motherboard dan lainya, ataupun sebagai pengubah arus AC ke arus DC yang dbutuhkan sebagian rangkaian motherboard komputer tersebut.

Sebagian besar power supply komputer juga memiliki saklar tegangan input, yang dapat diatur untuk 110v / 115v atau 220v / 240v, tergantung pada lokasi geografis. Posisi switch ini sangat penting karena tegangan daya yang berbeda yang disediakan oleh outlet listrik di berbagai negara.

Saat ini sebagian besar komputer beralih menggunakan mode power supply yang mengubah arus AC menjadi DC. Tegangan ini dapat dinyalakan dan dimatikan melalui saklar elektronik, atau dikenal sebagai power supply switching. 

Power supply juga dibedakan menjadi dua yaitu :


Power Supply Tetap


Power Supply tetap
Merupakan sebuah power supply dengan nilai Voltase dan Arus tetap, tidak bisa diubah. power supplay jenis ini biasanya pembuatanya disesuaikan dengan kebutuhan arus sebuah rangkaian elektronika, misalnya power supply  TV dan lain sebagainya.

Power Supply Variable

Power Supply Variabel
Merupakan sebuah power supply yang nilai Voltase dan Arusnya dapat diubah ubah sesuai kebutuhanya. Karena bersifat variable, power supply jenis ini sering dipakai para praktisi elektronika sebagai catu daya sementara untuk menganalisa kerusakan motherboard laptop maupun handphone yang mana pada satu rangkaian motherboard memiliki kebutuhan voltase yang berbeda beda.

Post a Comment for "Pengertian Power Supply dan Jenisnya"