PENGERTIAN KAPASITOR

selamat malam sahabat. pada kesempatan kali ini Adhe Okta akan coba membahas tentang kapasitor.  jika ada yang belum tahu dan belum paham apa itu kapasitor,mari kita simak uraian yang saya buat dengan seringkas mungkin. kapasitor (capacitor) atau disebut juga dengan Kondensator (condensator) adalah komponen elektronika pasif yang dapat menyimpan muatan listrik dalam waktu sementara dengan satuan kapasitansi adalah Farad. Satuan kapasitor tersebut diambil dari nama Michael Faraday (1791- 1867) yang berasal dari inggris. Namun farad adalah satuan yang sangat besar, oleh karena itu pada umumnya kapasitor yang sering digunakan dalam rangkaian peralatan elektronka adalah satuan farad yang dikecilkan menjadi pikoFarad, NanoFarad dan mikroFarad.

Berikut contoh konversi satuan Farad:

1 Farad = 1.000.000µF (mikro Farad)
1µF = 1.000nF (nano Farad)
1µF = 1.000.000pF (piko Farad)
1nF = 1.000pF (piko Farad

Kapasitor merupakan komponen yang terdiri dari dua plat konduktor dan terbuat dari logam dan sebuah isolator diantaranya sebagai pemisah, kapasitor disingkat dengan huruf "C".


Demikian ulasan tentang kapasitor dan nantikan post selanjutnya tentang jenis jenis kapasitor, semoga ulasan saya bisa menjadi referensi buat sahabat . salam Adhe Okta Nusantara

Post a Comment for "PENGERTIAN KAPASITOR"