Multitester / Multimeter dan beberapa fungsinya


Multitester adalah suatu alat penting bagi para teknisi elektronik. Multitester merupakan gabungan dari beberapa alat ukur elektronik yang dikemas dalam satu kemasan. Pada umumnya setiap Multitester minimal memiliki 3 fungsi ukur yaitu sebagai alat ukur arus Ampere Meter, alat ukur tegangan Volt Meter dan alaut ukur resistansi Ohm Meter. Karena 3 fungsi ukur tersebut selalu dimiliki oleh Multitester,  maka Multitester sering juga disebut sebagai AVO Meter. Akan tetapi sesuai perkembangan teknologi maka Multitester pada saat ini ada yang telah memiliki fungsi lain sebagai alut ukur kapasitansi kapasitor, sebagai alat ukur frekuensi dan sebagai alat ukur faktor penguatan transistor. 

~ Jenis Multitester
Jenis Multitester pada umumnya dibedakan berdasarkan tampilan displaynya, untuk itu dibedakan menjadi dua yaitu : 


Multytester Digital


1.    Multitester Digital
Merupakan jenis Multitester yang menggunakan display dgital sebagai penampil hasil pengukuran. Hasil pengukuran yang ditampilkan Multitester digital adalah hasil ukur yang telah sesuai, sehingga pengguna tidak perlu lagi melakukan penghitungan ulang anatara hasil ukur dan batas ukur.

Multytester Analog

2.    Multitester Analog
Sedangkan Multitester analog merupakan jenis Multitester yang menggunakan display jarum penunjuk sebagai penampil hasil pengukuranya. Sehingga untuk mengetahui hasil pengukuran, pengguna harus melihat jarum penunjuk pada meter dan melihat posisi saklar selector pada posisi batas ukur kemudian melakukan perhitungan secara manual untuk mengetahui hasil ukurnya.

~ Fungsi Multitester
Pada umumnya Multitester memiliki 3 fungsi ukur utama yaitu sebagai pengukur arus, pengukur tegangan, dan pengukur resistansi. Berikut adalah beberapa fungsi ukur yang ada pada Multytester :

1. Ampere Meter
Ampere Meter merupakan salah satu fungsi yang ada pada Multitester dan berfungsi untuk mengukur arus listrik baik AC maupun DC. Pada Multitester digital dan analog, fungsi ampere meter ini dibedakan pada saklar selector pada Multitester sebagai batas ukur maksimum. Oleh karena arus yang akan dukur harus diprediksi dibawah arus yang mau diukur, atau saklar selektor harus diatas nilai arus yang mau diukur.

2. Volt Meter
Volt meter merupakan suatu alat ukur untuk mengetahui level tegangan listrik, sama halnya fungsi ampere meter untuk mengetahui tegangan listriknya. Pada fungsi volt meter ini saklar selektor Multytester berfungsi sebagai batas ukur maksimum, dan ini berlaku bagi Multitester Digital maupun Multitester Aanalog.

3. Ohm Meter
Ohm Meter merupakan salah satu fungsi Multitester yang berfungsi untuk mengetahui hasil resistansi suatu resistor atau komponen elektronika lainya yang memiliki unsure resistansi. Pada fungsi ohm meter ini, saklar Multitester analog berfungsi sebagai multiplier, sedangkan pada Multitester digital saklar selektor berfungsi sebagai batas ukur maksimum.

4. Hfe Meter
Hfe Meter tidak selalu ada pada setiap Multitester baik digital maupun analog, fungsi Hfe sendiri ialah untuk mengukur suatu nilai faktor penguatan pada transistor. Pada fungsi in pada umumnya Multitester yang memiliki Hfe meter dapat digunakan untuk mengukur factor pengutan pada transistor tipe NPN maupun PNP.

5. Kapasitansi Meter
Kapasitansi Meter merupakan fungsi yang tidak selalu terdapat pada setiap Multitester. Fungsi kapasitansi meter sendiri untuk mengukur nilai kapasitansi pada suatu kapasitor. Pada Multitester analog yang telah memliki fungsi kapasitansi  meter, saklar selector berfungsi sebagai multiplier atau factor pengali dari nilai yang ditunjukan oleh jarum meter. Sedangkan pada Multitester digital saklar selector berfungsi sebagai batas ukur maksimum.

6. Frekuensi Meter
Frekuensi Meter hanya terdapat pada tipe Multitester tertentu. Fungsi frekuensi meter digunakan untuk mengetahui frekuensi suatu sinyal atau isyarat pada suatu rangkaian elektronika.

Kualitas suatu Multitester ditentukan dari akurasi hasil ukur dan daya tahan Multitester tersebut, dan juga pengetahuan teknisi akan cara penggunaanya. Demikian ulasan tentang Multitester dan beberapa fungsinya, semoga ulasan saya bisa menjadi referensi untuk belejar. Salam Adhe Okta Nusantara
 




 

1 comment for "Multitester / Multimeter dan beberapa fungsinya"

Nithan Tuesday 23 May 2017 at 00:05:00 GMT+7 Delete Comment
Multimeters square measure wont to check circuits whereas debugging in addition as batteries. sometimes the vary should be set before obtaining the particular measurements. supported the arithmetic mean, this vary may be manually set or it's machine vary capabilities multimeter symbols.